5 hal yang Menyebabkan Sakit Kepala, Yuk di Simak Penyebabnya

5 hal yang Menyebabkan Sakit Kepala

5 hal yang Menyebabkan Sakit Kepala - Jika kamu terlalu sering menderita sakit kepala atau migrain? Nah, Sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi karena banyak orang yang juga sering mengeluhkan hal yang sama.

Terlepas dari alasan penyebab menderita sakit kepala seperti sinusitis, stres dan ketegangan mental, ternyata diet juga bisa menjadi salah satu penyebab sakit kepala loh. Inilah kenapa Anda perlu waspada dengan beberapa hal yang bisa menjadi penyebab sakit kepala tersebut. Yuk kita simak :


5 hal yang Menyebabkan Sakit Kepala


1. Diet

Ahli gizi Dr Sunita Dube setuju bahwa diet seseorang dapat mempengaruhi sakit kepala. “Makanan dan minuman mungkin bertanggung jawab untuk sampai 30 persen dari migrain,” katanya. Salah satu alasan utama penyebab terjadi nya sakit kepala yang paling sering ialah karena perubahan pola makan yang tiba-tiba beralih ke diet kalori sangat rendah, dengan kata lain, diet kecelakaan.

Konsultan ahli gizi Niti Desai menyetujui hal ini. Menurutnya sakit kepala bisa disebebakan karena mengurangi atau menghilangkan karbohidrat sepenuhnya. “Jika Anda mulai melewatkan makan atau memiliki interval panjang antara waktu makan Anda, sakit kepala mungkin akan terjadi pada Anda. Bahkan asupan air putih yang sangat rendah juga dapat memicu terjadinya sakit kepala,” ungkap Niti.

2. Makanan yang mengandung Tyramine

Tyramine adalah asam amino yang telah diduga memicu sakit kepala dengan mengurangi kadar serotonin di otak dan mempengaruhi pelebaran pembuluh darah. Karena hubungan mereka dengan migrain, tyramine yang mengandung makanan pemicu penting. Ini termasuk anggur merah, keju, cokelat, minuman beralkohol, dan daging olahan tertentu.

3. Cokelat

Mereka dapat bertindak sebagai pemicu migrain karena mereka juga mengandung tyramine. Tetapi pada saat yang sama, wanita cenderung mendambakan cokelat selama stres dan hormonal perubahan, yang keduanya juga dapat memicu sakit kepala. Jumlah cokelat bisa menjadi masalah juga, karena pasien migrain dengan diet tinggi lemak cenderung memiliki sakit kepala lebih sering.

4. Kopi

Ini pantas disebutkan secara khusus karena penarikan tiba-tiba dari konsumsi kopi dapat memicu sakit kepala. Ahli gizi klinis Dr Nupur Krishnan menjelaskan bahwa kopi agak adiktif dan sementara meningkatkan kewaspadaan mental dan konsentrasi. Mendadak juga sering dapat menyebabkan sakit kepala, lekas marah, dan gejala lain yang bervariasi dalam keparahan dari satu orang ke orang lain.”

Misalnya saja pada beberapa orang yang sangat sensitif terhadap kafein, tentu saja dapat memicu munculnya sakit kepala migrain, sementara di lain itu mungkin benar-benar membatalkan migrain dengan relaksasi pembuluh darah terbatas yang menyebabkan kepala berdenyut.

5. Gula

Gula alami ini penting karena semua tanaman dan hewan menyimpan energi kimia gula. Semua bentuk gula alami menyediakan sekitar nilai energi yang sama sekitar empat kalori per gram. Gula alami lebih baik dari pemanis buatan. Ahli Gizi, Desai mengatakan bahwa persentase yang sangat kecil orang toleran terhadap pemanis menderita sakit kepala. Namun, ini lebih umum dengan aspartam pemanis dan tidak dengan pemanis yang lebih baru,yang menggunakan sucralose.

Jadi, jika Anda menduga alasan sering sakit kepala atau migrain mungkin itu terletak pada diet Anda, disarankan untuk segera pergi ke dokter terdekat.

Demikanlah informasi dari kami tentang 5 Hal yang Menyebabkan Sakit Kepala, semoga bisa bermanfaat untuk Anda.